• Senin, 16 Mei 2022

Apa yang Perlu Dilakukan Ketika Sakaratul Maut Datang? Ini Saran Gus Baha dan Ustaz Abdul Somad

- Senin, 24 Januari 2022 | 21:45 WIB
Ustaz Abdul Somad sedang memberikan ceramah di sebuah majelis ilmu. (Gorajuara/dok: Instagram @ustadzabdulsomad_official)
Ustaz Abdul Somad sedang memberikan ceramah di sebuah majelis ilmu. (Gorajuara/dok: Instagram @ustadzabdulsomad_official)

ALONESIA.COM – Setiap insan pasti akan mati. Kematian adalah keniscayaan bagi semua makhluk hidup. Bagi sebagian mukmin, kematian malah disambut dengan kegembiraan. Kaum sufi yang menganut ajaran tasawuf adalah salah satu contohnya.

Oleh karenanya, siapapun yang akan mati, harus mempersiapkan diri menghadapi saat-saat ajal mendekat. Bagaimana sebaiknya kita bersikap menghadapi kematian? Apa yang perlu dilakukan ketika ruh mulai keluar dari jasad?

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau lebih dikenal Gus Baha memberi saran tentang apa yang perlu dilakukan saat menghadapi kematian.

Baca Juga: Berusaha Jadi Kota Energi Hijau, Jokowi Beri Apresiasi pada Kota Pagar Alam

Sebagaimana dilansir Alonesia.com dari kanal Youtube Ngaji Kyai Terjemah, Selasa 24 Januari 2022, Gus Baha menceritakan bagaimana Nabi Muhammad SAW saat menghadapi sakaratul maut dan mengajarkan kalimat tauhid.

Bagi sebagian muslim ada yang sanggup mengucap kalimat syahadat atau 'Laa ilaaha illallaah' dan ada yang tidak sempat melakukannya.

Adalah baik jika yang sedang sakaratul maut itu mampu mengucapkan kalimat syahadat secara lengkap. Sesuai janji Allah SWT, mereka akan masuk surga.

Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak sempat mengucapkan kalimat tauhid?

Baca Juga: Presiden Jokowi Berikan Tambahan Modal bagi Pedagang di Pasar Baru Tanjung Enim, Sumatera Selatan

Halaman:

Editor: Imam Tamaim

Sumber: YouTube TAUFIQTV, Youtube Ngaji Kyai Terjemah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X