• Senin, 15 Agustus 2022

Dukung KAI Cegah Pelecehan Seksual di Kereta, Komnas Perempuan Setuju Blacklist Pelaku

- Jumat, 24 Juni 2022 | 21:13 WIB
Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani ( dok/ist)
Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani ( dok/ist)

ALONESIA.COM - Komnas Perempuan mendukung langkah PT Kereta Api Indonesia (KAI) memblacklist pelaku pelecehan seksual di kereta api demi mencegah kejadian serupa terus terulang.

"Komnas Perempuan sangat mengapresiasi dan juga mendukung langkah proaktif yang dilakukan oleh KAI dalam menyikapi persoalan pelecehan seksual.

Langkah KAI dengan melakukan blacklist terhadap pelaku, momennya sangat tepat karena kita juga baru saja punya Undang Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual,” kata komisioner Komnas Perempuan Andy Yentriyani dalam keterangannya di Jakarta, Jumat 24 Juni 2022.

Baca Juga: Sambangi Kediaman Prabowo di Kertanegara, AHY Mengaku Hanya Silaturahim

Komnas Perempuan berharap korporasi termasuk BUMN seperti KAI, turut mendukung dan melakukan kampanye anti kekerasan seksual.

Tujuannya, kata Andy Yentriyani, agar tersedia transportasi yang aman bagi perempuan. Tidak hanya dengan segregasi ruang tapi justru dengan adanya perubahan pola pikir dan pola sikap pada persoalan ini.

Blacklist kata Komnas Perempuan, merupakan salah satu shock therapy yang baik agar semua orang tau akibat yang dilakukan jika melakukan pelecehan seksual, selain ancaman pidana di UU TPKS.

Baca Juga: Hijab Tak Lagi Wajib di Arab Saudi, Wanita Beramai-ramai Pendekkan Rambut seperti Lelaki (Boyish)

Namun Komnas Perempuan menilai masih banyak ruang untuk dapat memastikan pencegahan dan penanganan yang lebih baik terhadap kasus kekerasan seksual.

Halaman:

Editor: Imam Tamaim

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X