• Selasa, 6 Desember 2022

Istilah 'Gender Netral' Ramai Diperbincangkan, Apa Maksud Istilah Ini?

- Senin, 22 Agustus 2022 | 15:19 WIB
Ilustrasi: Gender
Ilustrasi: Gender

ALONESIA.COM - Belakangan ini ramai dibicarakan istilah 'gender netral' atau 'non biner' setelah viralnya video seorang mahasiswa baru Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar diusir gegara mengaku 'gender netral'.

Tahukah Anda, bahwa gender dan jenis kelamin itu berbeda? Dikutip dari e-learning.mnhlk.go.id, gender dan jenis kelamin itu berbeda.

Gender adalah perbedaan laki-laki dan perempuan jika dilihat dari segi sifat dan tingkah laku. Keadaan ini dapat dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan budaya.

Baca Juga: Cek, Apakah Kamu Penerima Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP)?

Jenis kelamin diketahui ada dua, yaitu laki-laki dan perempuan. Sementara itu, dilansir dari uc.ac.id bahwa ada lebih dari dua jenis gender. Berikut penjelasannya:

  1. Lesbian

Lesbian adalah kondisi di mana seorang perempuan memiliki ketertarikan seksual, fisik, emosional dan spiritual terhadap sesama perempuan.

Ada tiga peran dalam kondisi lesbian. Pertama adalah buchi (seorang perempuan yang memiliki peran sebagai laki laki); Kedua, femme (seorang perempuan yang memiliki peran sebagai perempuan dalam sebuah hubungan); dan ketiga Andro (seorang perempuan yang mampu berperan sebagai laki laki dan perempuan).

Baca Juga: Cek, Apakah Kamu Penerima Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP)?

  1. Gay

Gay adalah kondisi di mana seorang laki-laki memiliki ketertarikan seksual, emosional, fisik, dan emosional terhadap sesama laki laki.

Halaman:

Editor: Imam Tamaim

Sumber: uc.ac.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menelusuri Identitas 'Sikerei' Budaya dari Mentawai

Kamis, 1 September 2022 | 21:29 WIB
X