• Selasa, 6 Desember 2022

Menelusuri Identitas 'Sikerei' Budaya dari Mentawai

- Kamis, 1 September 2022 | 21:29 WIB
Sikerei, tradisi unik suku Mentawai. (infobudaya.net)
Sikerei, tradisi unik suku Mentawai. (infobudaya.net)

ALONESIA.COM - Mentawai merupakan kabupaten kepulauan yang terletak di wilayah Sumatera Barat. Meskipun berada di wilayah Sumatera Barat orang mentawai sangat berbeda secara keseluruhan dengan orang Sumatera Barat yang biasanya beretnis Minang dan beragama Islam.

Orang Mentawai adalah orang dengan perawakan menarik, berwarna kulit cokelat kekuningan, sangat jarang didapati cacat fisik, karena mereka hidup menurut keadaan yang sesungguhnya dari alam (yaitu hasil seleksi proses natural).

Biasanya, ciri-ciri dari orang Mentawai itu berhati baik, bersikap ramah dan senang terhadap hiasan sehingga tidak mengherankan jika tubuh mereka dipenuhi dengan tato.

Baca Juga: Keunikan Gereja Ayam Bukit Rhema di Magelang. Simak Harga Tiket dan Akses Masuknya!

Sikerei adalah sebutan bagi seorang dukun di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat yang dianggap memiliki kekuatan supranatural.

Sikerei dinobatkan melalui upacara khusus yang disebut 'taddek'. Bagi orang Mentawai, kerei adalah pengetahuan, keahlian, serta keterampilan akan pengobatan dan tanaman obat.

Orang yang dapat berhubungan dengan roh-roh dan jiwa orang-orang di alam nyata maupun alam gaib.

Baca Juga: Wisata Tematik GoFun Bojonegoro, Simak Info Tiket dan Wahananya...

Sikerei memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan orang Mentawai karena keistimewaannya. Sikerei menjadi tokoh pengobatan dan spiritual, pemimpin ritual dalam setiap upacara adat atau punen (pesta) di uma (rumah adat Mentawai).

Halaman:

Editor: Imam Tamaim

Sumber: Infobudaya.net

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menelusuri Identitas 'Sikerei' Budaya dari Mentawai

Kamis, 1 September 2022 | 21:29 WIB
X