Inilah Syarat yang Harus Diajukan Siswa, Jika Ingin Dapat Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP)

- Selasa, 23 Mei 2023 | 12:07 WIB
Inilah syarat yang harus diajukan siswa jika ingin mendapat bantuan Program Indonesia Pintar atau PIP. (Dok. Kemendikbud)
Inilah syarat yang harus diajukan siswa jika ingin mendapat bantuan Program Indonesia Pintar atau PIP. (Dok. Kemendikbud)

ALONESIA.COM - Anggota DPRD DKI Jakarta Merry Hotma menyatakan bahwa harus ada persyaratan surat keterangan tidak mampu dari RT dan RW bagi siswa yang ingin mendapat bantuan dari Program Indonesia Pintar (PIP) agar program tersebut tepat sasaran.

“Bukti yang harus diajukan warga adalah memberikan surat rekomendasi dari RT RW dan kelurahan jika yang bersangkutan tidak mampu,” kata anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta itu.

Hal itu untuk memastikan penerima PIP berhak mendapatkan bantuan meski tidak terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca Juga: Ramalan Zodiak CANCER, Rabu 24 Mei 2023: Bergerak Perlahan Tapi Pasti, Anda akan Dapat Mencapai Tujuan

Menurut Merry, selama ini banyak penerima PIP yang belum tepat sasaran karena tidak berdasarkan DTKS.

Padahal DTKS menjadi acuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk memberikan bantuan kepada siswa melalui Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Bahkan, dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur afirmasi, syarat masuk SMP dan SMA negeri adalah harus memiliki KJP dan PIP.

Baca Juga: Dapat Masukan usai Bertemu Prabowo, Gibran Akui Tidak Mendapat Sanksi dari Partai

Hal ini, lanjut Merry, membuat siswa yang tidak memiliki PIP tetapi memiliki KJP tidak dapat masuk ke sekolah umum.

Dengan syarat penyerahan surat keterangan tidak mampu, Merry berharap semua siswa kurang mampu bisa mendapatkan bantuan yang adil dari pemerintah.

DPRD meminta Dinas Pendidikan mengganti PIP sebagai syarat pendaftaran sekolah negeri dalam Pergub No 21 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Pergub No 32 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Siswa Baru yang mengatur syarat-syarat masuk siswa sekolah negeri melalui jalur Afirmasi PPDB.

Baca Juga: 9 Alternatif Minuman Selain Kopi, Tak Keliru Jika Anda Mencobanya

Permintaan itu diakomodasi oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Hingga saat ini, Dinas Pendidikan dan jajarannya masih membahas hal tersebut.***

Editor: Eep Khunaefi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X