• Senin, 16 Mei 2022

Wapres KH Ma'ruf Amin Meresmikan Enam Buah Rumah Ibadah di Universitas Pancasila Jakarta

- Rabu, 5 Januari 2022 | 23:16 WIB
Wapres saat meresmikan 6 rumah ibadah Universitas Pancasila, di Kampus Universitas Pancasila, Rabu (05/01/2022). (BPMI Setwapres)
Wapres saat meresmikan 6 rumah ibadah Universitas Pancasila, di Kampus Universitas Pancasila, Rabu (05/01/2022). (BPMI Setwapres)

ALONESIA.COM - Wakil Presiden (Wapres) Indonesia KH Ma'ruf Amin meresmikan enam rumah ibadah di lingkungan Universitas Pancasila, Jakarta pada Rabu, 05 Januari 2022.

Dalam sambutannya, wapres mengatakan bahwa pluralitas agama di Indonesia merupakan suatu keniscayaan yang harus disyukuri dan pelihara.

Keberagaman ini, katanya, apabila dirawat dengan pengetahuan dan toleransi, maka akan menjadi kekayaan yang luar biasa yang jarang dimiliki oleh bangsa lain di dunia.

“Toleransi adalah kuncinya. Toleransi membimbing kita pada moderasi beragama sehingga terhindar dari fanatisme yang dapat mengarah pada fundamentalisme, radikalisme maupun ekstremisme,” tuturnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi dan Resmikan Renovasi SDN 3 Nglinduk, Grobogan, Jateng

Menurut Wapres, toleransi di Indonesia bukan merupakan gagasan baru. Toleransi telah diperkenalkan oleh para pendiri bangsa sejak dahulu, salah satunya tercantum dalam Pancasila.

“Toleransi bukanlah gagasan baru. Toleransi telah menjadi warisan budaya adiluhung bangsa Indonesia yang telah hidup dan membersamai kita sejak ratusan tahun silam,” ujarnya.

Lebih lanjut Wapres mengatakan bahwa Pancasila adalah titik temu antar berbagai latar belakang kemajemukan yang ada di tanah air.

“Pancasila lahir dari semangat untuk mempersatukan berbagai bentuk kemajemukan di tanah air, mulai dari budaya, bahasa, suku, etnis, hingga keberagaman agama,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Eep Khunaefi

Sumber: Setkab

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X