• Selasa, 9 Agustus 2022

Molekular Gastronomi Teknik Memasak dengan Sains, Tawarkan Pengalaman Makan yang Unik dan Tak Terlupakan

- Senin, 30 Mei 2022 | 09:24 WIB
Molekular Gastronomi (Alonesia.com/Annisa Noviana Hammara)
Molekular Gastronomi (Alonesia.com/Annisa Noviana Hammara)

ALONESIA.COM - Molekular gastronomi adalah seni memasak dengan sains. Sains dalam kuliner merupakan subdisiplin dari ilmu pangan.

Molekuler gastronomi mempelajari perubahan molekuler dan transformasi fisika serta kimia dari bahan pangan selama proses memasak, serta fenomena sensoris pada saat menikmati santapan hidangan (F.G. Winarno & Sergio Andino Ahnan Winarno, 2017).

Menurut Herve This (2006) Penerapan teknik molekular gastronomi menggunakan metode ilmiah untuk memahami dan mengendalikan perubahan molekular, fisiokimiawi dan struktural yang terjadi pada makanan dari tahap pembuatan dan saat makanan tersebut dikonsumsi.

Baca Juga: Bakso Son Haji Sony, Kuliner yang Tetap Ngehits di Bandarlampung 

Di Indonesia sendiri meskipun masih sedikit, sudah terdapat beberapa praktisi molekular gastronomi yang konsisten dalam mengembangkan disiplin ilmu ini.

Salah satunya adalah Ronald Prasanto, seorang praktisi molekular gastronomi dan pemilik café es krim nitrogen, serta Odie Djamil yang merupakan praktisi molecular dessert.

Usaha-usaha mereka mulai beranjak populer dan menuai banyak review positif baik dari media cetak maupun media eletronik, karena keunikan molekular gastronominya.

Baca Juga: Sop Saudara Khas Makassar Menu Lebaran Idul Fitri, Meja Makan Lebih Variasi 

Adalah Andrian Ishak owner restoran Namaaz Dining, restoran molekular gastronomi pertama di Indonesia yang khusus menyajikan makanan khas Indonesia.

Halaman:

Editor: Ilman Nafian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X