• Senin, 27 Juni 2022

La Tahzan: Cukuplah Allah Menjadi Penolong Kami dan Allah adalah Sebaik-baik Pelindung

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 18:30 WIB
Menyerahkan semua perkara kepada Allah merupakan buah keimanan yang paling agung dan sifat paling mulia dari seorang mukmin. (Pixabay/Kellepics)
Menyerahkan semua perkara kepada Allah merupakan buah keimanan yang paling agung dan sifat paling mulia dari seorang mukmin. (Pixabay/Kellepics)

ALONESIA.COM - Menyerahkan semua perkara kepada Allah, bertawakal kepada-Nya, percaya sepenuhnya terhadap janji-janji-Nya, ridha dengan apa yang dilakukan-Nya, berbaik sangka kepada-Nya, dan menunggu dengan sabar pertolongan dari-Nya merupakan buah keimanan yang paling agung dan sifat paling mulia dari seorang mukmin.

Dan ketika seorang hamba tenang bahwa apa yang akan terjadi itu baik baginya, dan ia menggantungkan setiap permasalahannya hanya kepada Rabb-nya, maka ia akan mendapatkan pengawasan, perlindungan, pencukupan serta pertolongan dari Allah.

Syahdan, ketika Nabi Ibrahim a.s. dilempar ke dalam kobaran api, ia mengucapkan, “Hasbunalldh wa ni’mal wakil,” maka Allah pun menjadikan api yang panas itu dingin seketika. Dan Ibrahim pun tidak terbakar.

Baca juga: La Tahzan: Iman adalah Kehidupan

Demikian halnya yang dilakukan Rasulullah dan para sahabatnya. Tatkala mendapat ancaman dari pasukan kafir dan penyembah berhala, mereka juga mengucapkan,

“Hasbunallah wa ni’mal wakil.”

Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung. Maka mereka kembali dengan nikmat dan karunia (yang besar dari) Allah, mereka tidak mendapat bencana apa-apa, mereka mengikuti keridhaan Allah. Dan, Allah mempunyai karunia yang besar. (QS. Ali ‘Imran: 173-174)

Manusia tidak akan pernah mampu melawan setiap bencana, menaklukkan setiap derita, dan mencegah setiap malapetaka dengan kekuatannya sendiri. Sebab, manusia adalah makhluk yang sangat lemah.

Baca juga: La Tahzan: Demikianlah, Telah Kami Jadikan Kamu Umat yang Adil dan Pilihan

Halaman:

Editor: Eep Khunaefi

Sumber: La Tahzan Karya DR. 'Aidh al-Qarni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Selasa, 31 Mei 2022 | 22:04 WIB

Kenapa Anda Susah Menulis? Inilah 4 Hambatannya

Minggu, 1 Mei 2022 | 10:00 WIB

Inilah 6 Aktivitas Mencegah Kepikunan

Minggu, 1 Mei 2022 | 09:00 WIB

Ingat! Ini 6 Ciri Pasangan yang Harus Kamu Hindari

Kamis, 21 April 2022 | 21:55 WIB

Kiat Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut selama Puasa

Senin, 18 April 2022 | 11:30 WIB
X