• Selasa, 9 Agustus 2022

La Tahzan: Jangan Bersedih, Karena Rabb Maha Pengampun Dosa dan Penerima Taubat!

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 06:00 WIB
La Tahzan: Jangan Bersedih, Karena Rabb Maha Pengampun Dosa dan Penerima Taubat! (Pixabay/sreza24595)
La Tahzan: Jangan Bersedih, Karena Rabb Maha Pengampun Dosa dan Penerima Taubat! (Pixabay/sreza24595)

ALONESIA.COM - Firman Allah, Katakanlah: “Hai hamba-hamba’Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya, Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya, Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Az-Zumar: 53)

Tidakkah firman Allah ini dapat melapangkan hati, menghilangkan keresahan, dan menghapuskan kegundahan Anda?

Tampak bahwa Allah sengaja menyapa manusia dengan kalimat “Wahai hamba-hamba-Ku…” Adapun tujuannya, tak lain adalah menyatukan hati para hamba-Nya dan menyentuh perasaan mereka agar mendengarkan ayat tersebut dengan baik. Setelah itu, terlihat bahwa Dia mengkhususkan firman-Nya itu untuk orang-orang yang melampaui batas.

Baca juga: La Tahzan: Ganti Itu dari Allah

Itu dilakukan Allah karena mereka merupakan golongan manusia yang paling banyak melakukan dosa dan kesalahan. Nah, bagaimana dengan kita yang tentu saja juga sering melakukan dosa dan kesalahan?

Dalam ayat tersebut, Allah juga melarang hamba-Nya berputus asa dalam memohon ampunan Allah. Allah mengabarkan pula bahwa Dia akan mengampuni siapa saja yang bertobat kepada-Nya, baik dari dosa-dosa kecil maupun yang besar. Tidakkah Anda merasa gembira dan bahagia dengan firman Allah s.w.t.,

Dan, (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri mereka sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan keji itu, sedang mereka mengetahui. (QS. Ali ‘Imran: 135)

Baca juga: La Tahzan: Buanglah Rasa Cemas!

Juga firman-Nya,

Halaman:

Editor: Eep Khunaefi

Sumber: La Tahzan Karya DR. 'Aidh al-Qarni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X