• Senin, 15 Agustus 2022

Waspada! Ini Daftar Aplikasi Adzan dan Shalat Pencuri Data yang Sangat Berbahaya

- Senin, 18 April 2022 | 12:37 WIB
Ini Daftar Aplikasi Adzan dan Shalat Pencuri Data yang Sangat Berbahaya (Pixelkult/Pixabay )
Ini Daftar Aplikasi Adzan dan Shalat Pencuri Data yang Sangat Berbahaya (Pixelkult/Pixabay )

ALONESIA-COM - Di bulan Ramadhan, zaman yang serba canggih ini, kamu perlu waspada untuk mengunduh aplikasi di HP kamu. Pasalnya, kini tersebar aplikasi shalat dan adzan pencuri data beredar di Playstore.

Aplikasi adzan dan shalat biasanya populer pada saat bulan Ramadhan, namun seringkali dipakai juga untuk kebutuhan sehari-hari umat muslim pengguna smartphone.

Sebuah analisis melaporkan tentang serangkaian aplikasi yang tersedia di google playstore yang mengumpulkan data sensitif pengguna dan telah diunduh lebih dari 45 juta pemasangan aplikasi.

Baca Juga: Kiat Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut selama Puasa

Data para pengguna yang mengunduh aplikasi tersebut berpotensi disalahgunakan karena keamanan server atau database yang buruk

Aplikasi tersebut mencuri data melalui pengembangan perangkat lunak (SDK) pihak ketiga yang mencakup kemampuan untuk menangkap konten clipboard, data GPS, alamat email, nomor telepon, dan bahkan alamat MAC router modem pengguna SSID jaringan.

Selain itu, konten clipboard berpotensi mencakup informasi yang sangat sensitif, termasuk dompet kripto, kata sandi, maupun kartu kredit.

Baca Juga: Info Gempa Terkini Tobelo-Halmahera Utara, Magnitudo 5,2 BMKG: Dirasakan di Galela

Dikutip Alonesia dari akun Instagram Kementrian Komunikasi dan Informatika, berikut daftar aplikasi di Playstore yang dapat mencuri data pribadi :

Halaman:

Editor: Ilman Nafian

Sumber: Instagram @kemenkominfo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X