• Selasa, 6 Desember 2022

Cek Segera! Ini 8 Tanda Tubuh Kamu Perlu Detox

- Minggu, 4 September 2022 | 17:00 WIB
Ilustrasi Detox. (Pexels/Ivan Samkov)
Ilustrasi Detox. (Pexels/Ivan Samkov)

ALONESIA.COM - Detoksifikasi atau detox adalah cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan tubuh dari 'racun'. Untuk melakukannya, menerapkan pola hidup sehat dalam jangka waktu tertentu sangat diperlukan.

Secara umum, istilah 'racun' dalam diet detox mencakup hal-hal yang berasal dari luar yang berdampak kurang baik bagi kesehatan, seperti polutan, logam berat, dan bahan kimia berbahaya.

Berbagai organ dalam tubuh bertanggung jawab memecah racun dan zat lain yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh. Kemudian, tubuh mengeluarkannya melalui urine, feses, dan keringat.

Baca Juga: Al Ghazali Ultah Tanpa Pacar, Ternyata Ini Alasannya Putus dari Alyssa Daguise

Jika ingin melakukan detox tubuh secara optimal, tentu organ-organ tubuh juga harus dalam kondisi yang sehat. Di sinilah diet detox berperan untuk memaksimalkan sistem detoksifikasi alami tubuh.

Mengutip Kate Patton, ahli diet dari Cleveland Clinic, mengatakan bahwa pembatasan makanan padat dalam diet detox mungkin bisa membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh.

"Diet detoks yang membatasi makanan tertentu memberikan kesempatan bagi sistem pencernaan untuk beristirahat. Jadi, organ pencernaan bisa pulih dan usus mampu menyerap zat gizi lebih baik di masa depan,” ujar Kate Patton.

Baca Juga: Explore Keseruan di Gedung Antik ‘The Heritage Palace’ Sukoharjo: Bekas Pabrik Gula

Makanan padat diganti dengan jus buah dan sayuran segar, teh hijau, atau air perasan lemon. Metode detoksifikasi ini umumnya berlangsung satu hari hingga satu bulan secara rutin.

Halaman:

Editor: Imam Tamaim

Sumber: Cleveland Clinic

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gak Cuma Wajah, Ini Dia Tips Rambut Glowing di Rumah

Senin, 5 Desember 2022 | 11:27 WIB
X