• Selasa, 6 Desember 2022

Mengenal Bahaya Penyakit HIV/AIDS dan Cara Pencegahannya!

- Kamis, 8 September 2022 | 07:15 WIB
Ilustrasi orang yang terkena penyakit HIV AIDS. (Pixabay/derneuemann)
Ilustrasi orang yang terkena penyakit HIV AIDS. (Pixabay/derneuemann)

ALONESIA.COM - Kamu pasti sudah tidak asing dengan penyakit yang satu ini: HIV/AIDS. Baru-baru ini pembahasan soal HIV/AIDS kembali mencuat setelah muncul data soal mahasiswa di Bandung Jawa Barat yang terkena penyakit ini.

Apa itu HIV/AIDS? Mari simak penjelasan berikut!

HIV atau 'human immunodeficiency virus' merupakan virus yang  merusak sistem kekebalan tubuh manusia sehingga penderitanya tidak bisa tahan terhadap berbagai macam penyakit. Hal ini dikarenakan sistem tubuhnya sudah rusak akibat virus HIV itu.

Baca Juga: Nathalie Holscher Unggah Foto Keakraban Baby Adzam dan Frans Faisal, Netizen: Kawal Sampai Halal

Berbagai jenis penyakit seperti TBC, diare, sakit kulit akan mudah menyerang orang dengan HIV. Nah, gejala-gejala penyakit semacam ini, yang menyerang tubuh manusia disebut dengan AIDS atau 'acquired immunodeficiency syndrome'.

Virus HIV sebenarnya bukan hanya menyerang sistem imun tubuh manusia tetapi juga memengaruhi seluruh bagian tubuh, seperti sistem pernapasan.

Karena sistem pernapasan juga terganggu, maka dapat menyebabkan penyakit lain seperti kanker paru-paru. Hal ini disebabkan sistem imun pada paru-paru penderita melemah lantaran melawan berbagai masalah pernapasan.

Baca Juga: Karimun Jawa Surganya Indonesia: Manjenangan Kecil, Pantai Ujung Gelam, Pulau Cemara Besar, Penangkaran Hiu

Sementara itu, penderita HIV-positif tanpa pengobatan akan lebih mudah mengalami komplikasi infeksi seperti infeksi jamur.

Halaman:

Editor: Imam Tamaim

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gak Cuma Wajah, Ini Dia Tips Rambut Glowing di Rumah

Senin, 5 Desember 2022 | 11:27 WIB
X