• Senin, 16 Mei 2022

Berusaha Jadi Kota Energi Hijau, Jokowi Beri Apresiasi pada Kota Pagar Alam

- Senin, 24 Januari 2022 | 21:00 WIB
Presiden Jokowi dalam kunjungan kerjanya ke Pagar Alam, Sumsel, Senin (24/01/2022).  (BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi dalam kunjungan kerjanya ke Pagar Alam, Sumsel, Senin (24/01/2022). (BPMI Setpres/Laily Rachev)

ALONESIA.COM - Usaha Pemerintah Kota Pagar Alam untuk mengembangkan energi hijau dengan memulai penggunaan listrik dari energi mikrohidro mendapatkan apresiasi dari Presiden Jokowi.

Bahkan, Jokowi mendorong pemerintah setempat untuk terus menindaklanjuti penggunaan energi hijau tersebut sehingga Kota Pagar Alam bisa menjadi kota pertama dengan nol emisi.

“Ini akan menjadi kota dengan zero emission yang pertama kalau nanti bisa ditindaklanjuti. Ini baru listrik rumah tangga dan penggunaan listrik yang lainnya, kalau ditindaklanjuti nanti penggunaan kendaraannya listrik, penggunaan mobilnya listrik, Pagar Alam akan menjadi kota yang pertama di Indonesia yang menggunakan energi hijau,” ujar Presiden di Lapangan Merdeka, Kota Pagar Alam, Senin (24/01/2022).

Baca juga: Groundbreaking Proyek Hilirisasi Batu Bara jadi DME, Jokowi: Saya Kejar Terus

Menurut Jokowi, saat ini semua negara mulai merencanakan menuju ke energi baru terbarukan, baik itu menggunakan energi matahari, hydropower, geotermal, panas bumi, arus bawah laut, panas permukaan laut, maupun angin.

"Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan energi baru terbarukan tersebut," ujar Jokowi lebih lanjut.

Menurut Jokowi, setelah dihitung-hitung, energi baru dan terbarukan yang dimiliki Indonesia kurang lebih sekitar 418 ribu megawatt, baik dari tenaga air, hydropower, panas bumi, geotermal, tidal arus bawah laut, panas permukaan laut, angin, atau tenaga surya.

Baca juga: Bertolak ke Sumsel, Jokowi Lakukan Groundbreaking Proyek Hilirisasi Batu Bara jadi Dimetil Eter (DME)

Dengan pengembangan energi hijau serta didukung keindahan alamnya, Jokowi meyakini seluruh tanah air akan melihat keindahan Kota Pagar Alam.

Halaman:

Editor: Eep Khunaefi

Sumber: Setkab

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ada Apa Wali Kota Ambon Dijemput Paksa KPK?

Jumat, 13 Mei 2022 | 18:54 WIB
X