• Senin, 27 Juni 2022

Gelar Forum Diskusi, Kemendagri Kaji Kesiapan Generasi Muda dalam Pembangunan Ibu Kota Negara Baru

- Jumat, 13 Mei 2022 | 23:11 WIB
Kemendagri Kaji Kesiapan Generasi Muda dalam Pembangunan Ibu Kota Negara Baru (BKSDN Kemendagri)
Kemendagri Kaji Kesiapan Generasi Muda dalam Pembangunan Ibu Kota Negara Baru (BKSDN Kemendagri)

ALONESIA.COM - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri menggelar forum diskusi bertajuk “Kesiapan Generasi Muda dalam Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Baru”, di Samarinda, Jumat, 13 Mei 2022.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaring masukan ihwal peran pemuda dalam pembangunan IKN baru sekaligus sebagai bahan masukan dalam kajian yang tengah dilakukan Kemendagri.

“Tongkat estafet selanjutnya berada tangan generasi muda. Sekarang ini usia muda di Indonesia menjadi dominan bila dibandingkan usia non produktif. Mari manfaatkan bonus demografi ini sebesar-besarnya terutama dalam pembangunan IKN baru kedepan,” kata Kepala BSKDN Kemendagri, Eko Prasetyanto Purnomo Putro dalam keterangan yang diterima Alonesia.com.

Baca Juga: Lirik Lagu Berharap Cinta 'ADA Band', Apakah Cinta Masih Mungkin Kembali untukku Darimu Sayang

Hadir sebagai narasumber Rektor Universitas 17 Agustus Samarinda Marjoni Rochman, Dekan Fisip Universitas Mulawarman Muhammad Noor, Kepala Badan Litbang Daerah Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim) Fitriansyah, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov Kaltim Agus Tianur. Sementara itu para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Samarinda turut datang sebagai peserta.

Lebih lanjut dalam sambutan Eko menuturkan IKN baru diharapkan dapat menjadi kota berkelas dunia yang memperhatikan pembangunan keberlanjutan. Salah satu potensi yang perlu mendapat perhatian adalah aspek digitalisasi.

Menurutnya era digitalisasi menghadirkan tantangan tersendiri yang bakal dihadapi para generasi muda. Oleh karena itu Eko berpesan agar para pemuda dapat terus mengasah kompetensinya agar tetap mampu bersaing.

Baca Juga: Sejumlah 33 Ribu Santri Salafiyah Bakal Ikuti Ujian Kesetaraan Jenjang Wustho

“Hal ini juga untuk mempersiapkan Indonesia emas di tahun 2045 atau 100 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Kita harus optimis. Untuk itu diperlukan terobosan-terobosan yang dilakukan bersama,” pesan Eko.

Halaman:

Editor: Ilman Nafian

Sumber: BSKDN Kemendagri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X