• Senin, 27 Juni 2022

Masuki Wilayah RI Tanpa Izin, TNI AU Paksa Pesawat Sipil Asing G-DVOR Mendarat di Lanud Batam

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 20:42 WIB
Pesawat tempur TNI AU.  (PMJ News)
Pesawat tempur TNI AU. (PMJ News)

ALONESIA.COM - Sebuah pesawat sipil asing G-DVOR Tipe DA62 tiba-tiba memasuki kawasan Indonesia tanpa izin. TNI Angkatan Udara pun memerintahkan pesawat tersebut untuk mendarat secara paksa di landasan Lanud Hang Nadim Batam.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menjelaskan bahwa pesawat asing itu terbang melintas di wilayah udara Indoensia dari Kuching menuju Senai, Malaysia, Jumat (13/5/2022) kemarin.

"Sedang terbang dari Kuching ke Senai Malaysia, diperintahkan mendarat oleh TNI AU, di Batam," terangnya dalam pernyataan resmi kepada wartawan, Sabtu (14/5/2022).

Baca Juga: Jokowi: Hentikan Perang Sekarang Juga!

Menurut Indan Gilang, perintah mendarat di Lanud Hang Nadim Batam disebabkan terbang memasuki wilayah udara Indonesia tanpa izin dan tidak punya kelengkapan dokumen penerbangan.

"Pesawat yang diterbangkan oleh MJT warga negara Inggris dan TVB (Copilot) serta CMP (Crew)," tambahnya.

Indan Gilang melanjutkan bahwa langkah pendaratan tersebut diambil sebagai langkah bentuk pengamanan kedaulatan wilayah udara negara yang menjadi tugas TNI AU untuk melakukan patroli dan pengawasan wilayah udara yurisdiksi nasional. Seperti, menggunakan radar Hanud maupun pesawat tempur sergap.

Baca Juga: Di May Day Fiesta di GBK, Kapolri Apresiasi Kontribusi Buruh dalam Vaksinasi 408 Juta Dosis

Menurutnya, yang terjadi di Lanud Hang Nadim Batam menunjukkan tingginya kesiapsiagaan TNI AU dalam menjaga setiap jengkal wilayah udara nasional.

Halaman:

Editor: Eep Khunaefi

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X