• Selasa, 6 Desember 2022

5 Tempat di Solo Ini Menjadi Tujuan Wisata Batik, Bisa Sekaligus Berburu Oleh-oleh!

- Jumat, 30 September 2022 | 08:40 WIB
Kampung Batik Laweyan, Solo. (Instagram @arfstdm)
Kampung Batik Laweyan, Solo. (Instagram @arfstdm)

ALONESIA.COM - Kota Solo dikenal dengan kekayaan warisan seni dan budaya yang masih terus dipertahankan hingga sekarang. Bahkan, seni dan budaya menjadi objek yang punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Solo.

Salah satu warisan seni dan budaya Solo yang masih bertahan secara turun-menurun adalah batik. Batik Solo dikenal tidak hanya di tingkat nasional tapi juga hingga ke mancanegara. Bahkan Solo kini dijuluki sebagai Kota Batik.

Berwisata ke Solo tentu ada yang kurang, jika tidak mengunjungi  tujuan wisata batik yang menarik dan populer di sana. Nah, inilah 5 tempat di Solo yang wajib menjadi tujuan wisata batik. Di sini, Anda juga bisa sekaligus berburu oleh-oleh:

Baca Juga: Mendaki ke Bukit Mongkrang Karanganyar, Banyak Keindahan Alam yang Bisa Disaksikan

  1. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman Solo. (Instagram @united.toni)

Kauman merupakan Kampung Batik yang paling tersohor di Solo, Jawa Tengah. Saat ini Kauman menjadi salah satu destinasi wisata populer dan memiliki sejarah panjang.

Hingga saat ini, Kampung Batik Kauman masih menjadi sentra produksi dan bisnis batik di Solo. Kampung Batik Kauman menyediakan berbagai macam batik, terutama klasik.

Tahun 2016 lalu, Kampung Batik Kauman telah ditetapkan sebagai Kampung Wisata batik di Solo oleh pemerintah, sekaligus sebagai pusat batik tertua di Kota Solo.

Baca Juga: Mirip Buah Dada, Inilah Pesona Gunung Lancip Shuang Ru Feng atau Two Breast Peaks di China

Halaman:

Editor: Imam Tamaim

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pesona Bukit Rimpi, Bukit Teletubbies Banjarmasin

Selasa, 6 Desember 2022 | 08:14 WIB
X