• Senin, 15 Agustus 2022

TV Analog Migrasi ke TV Digital 30 April Mendatang, Berikut Alasan Kenapa Harus Migrasi dan Tips Cerdas

- Kamis, 28 April 2022 | 21:23 WIB
TV Analog Migrasi ke TV Digital 30 April Mendatang (Pixabay.com/mohamed_hassan)
TV Analog Migrasi ke TV Digital 30 April Mendatang (Pixabay.com/mohamed_hassan)

ALONESIA.COM - Analog Switch Off (ASO) atau penghentian TV Analog beralih ke siaran TV Digital tahap 1 akan segera dilakukan. Migrasi TV Analog ke TV Digital tersebut akan dilakukan pada Sabtu, 30 April 2022,

Masyarakat yang masih menggunakan TV Analog atau jaringan TV yang selama ini biasa digunakan, secara bertahap akan tidak bisa menontonnya dan harus berganti ke TV Digital. Namun jangan khawatir, kamu tidak perlu mengganti TV yang kamu punya, cukup dengan tambahan STB (Set Top Box) saja, jaringan TV kamu sudah menjadi TV digital. STB dapat kamu beli di toko elektronik, dan untuk wilayah tertentu juga bisa mendapatkannya secara gratis.

Migrasi siaran TV analog ke TV digital atau Analog Switch Off (ASO) dibagi menjadi tiga tahap. Siaran TV analog pada tahap pertama rencananya akan dimatikan pada Sabtu, 30 April 2022. Selanjutnya, direncanakan migrasi tahap akhir akan dilakukan selambat-lambatnya pada 2 November 2022 mendatang.

Baca Juga: Sebanyak 3.500 Penumpang telah Diberangkatkan dari Terminal Cicaheum Kota Bandung

Untuk migrasi tahap pertama hari Sabtu ini, jumlah wilayah yang akan akan terdampak migrasi TV Analog ke TV Digital adalah yang paling banyak yaitu sebagian Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

TV digital dinilai lebih baik dibandingkan dengan TV Analog. Dikutip Alonesia.com dari akun Instagram Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), berikut alasan mengapa TV analog harus segera dipindah ke saluran TV digital:

1. Amanat UU No. 11/2020 tentang Cipta Kerja, pasal 60A

2. Penyiaran TV Analog boros dalam penggunaan frekuensi penyiaran (pita 700Mhz) yang terbatas.

3. Teknologi penyiaran TV Digital menghemat penggunaan pita 700Mhz

Halaman:

Editor: Ilman Nafian

Sumber: Instagram @kemenkominfo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X